5 Kunci Sukses Merancang Strategi Komunikasi Korporat

Seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya, sebuah perusahaan wajib berkomunikasi dengan pihak lain atau publik, baik internal (karyawan, pemegang saham ) maupun eksternal ( media, pemerintah, badan asosiasi industri, dan masyarakat umum). Seluruh kegiatan yang berupaya untuk menjalin hubungan baik dengan publik itu dikenal sebagai Komunikasi Korporat.

Komunikasi Korporat merupakan bagian penting dari keberhasilan bisnis. Perusahaan perlu merencanakan strategi Komunikasi Korporat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk menciptakan strategi Komunikasi Korporat yang dapat menunjang keberhasilan bisnis perusahaan Anda, ada 5 kunci sukses yang perlu Anda perhatikan:

1. Terbuka
Kunci pertama untuk menciptakan Komunikasi Korporat yang efektif adalah transparansi, yaitu informatif dan jujur ?dalam berkomunikasi. Manajemen perusahaan yang mengkomunikasikan strategi perusahaannya di masa yang akan datang kepada karyawannya, akan membangun loyalitas dan kepercayaan dari karyawan.  Apalagi untuk perusahaan yang menjual sahamnya secara terbuka (go public), sangat penting untuk menginformasikan kondisi perusahaan secara transparan kepada pemegang saham.

2. Terstruktur
Komunikasi yang terstruktur dapat dipresentasikan dalam cara yang menarik agar mudah dimengerti oleh audiens. Selain itu, pesan harus dikemas secara persuasif agar audiens segera bertindak mengikuti seperti apa yang Anda inginkan.

3. Bersemangat
Komunikasi korporat harus dikemas dengan nuansa yang bersemangat untuk memastikan audiens segera bertindak setelah menerima pesan. Jika presentasi tentang program kepedulian sosial perusahaan disajikan dalam cara yang kurang bersemangat, karyawan tidak akan antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

4. Seimbang

Untuk menciptakan komunikasi yang efektif, Anda perlu mengatur frekuensi pesan. Komunikasi yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kebingungan dan frustrasi. Di sisi lain, komunikasi yang terlalu sering akan menyebabkan sikap apatis. Untuk memastikan pesan diterima dengan baik, lakukan komunikasi secara seimbang dan konsisten.

5. Profesional

Komunikasi korporat harus dikemas secara profesional. Pesan yang dibuat dengan baik dan tanpa kepentingan pribadi akan lebih efektif dalam lingkungan kerja. Anda juga dapat menggunakan dokumentasi komunikasi korporat untuk kepentingan di masa depan.Bayangkan jika Anda harus menggunakan catatan komunikasi perusahaan yang tidak dikemas dengan baik atau memiliki kesalahan tata bahasa dan ejaan.

 

 

Bagaimana, sudahkah Anda merencanakan strategi Komunikasi Korporat untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan Anda?

 

 

Diolah dari berbagai sumber

3 Responses so far.

  1. […] Anda  menyusun strategi komunikasi korporat perusahaan untuk setahun ke depan?  Sekarang saatnya menyiapkan media atau alat komunikasi yang […]

  2. Niklas says:

    You share interesting things here. I think that your website can go viral easily, but you must
    give it initial boost and i know how to do it, just type in google for – wcnu
    traffic increase

  3. Serena says:

    Hello, you post interesting articles on your site, you can get much
    more visitors, just type in google for – augo’s tube traffic

Leave a Reply