7 Jurus Menulis Company Profile yang Efektif

Selamat siang semuanya. Nama saya Afi, 26 tahun. Saya seorang Sarjana Arsitektur dari Universitas Diponegoro. Saat ini saya bekerja sebagai Penulis Kreatif di Lorco Menara Multimedia Bandung. Saya hobi membaca dan wisata kuliner.”

Mungkin seperti itulah cara kita memperkenalkan diri kepada seseorang yang baru kita kenal. Perkenalan diri  merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menjalin komunikasi dengan orang lain. Perkenalan diri yang efektif sangat menentukan proses komunikasi selanjutnya.

Begitu juga dengan perusahaan, ia perlu memperkenalkan dirinya ke pihak lain untuk memulai berkomunikasi. Perusahaan dapat memperkenalkan diri melalui media cetak, video, atau situs online.

Untuk menulis Company Profile yang dapat mengkomunikasikan perusahaan Anda  secara efektif, pastikan Anda menampilkan 7 hal berikut ini:

1.    Tuliskan tujuan utama dari bisnis perusahaan  Anda

Anda bisa mulai dengan menampilkan fakta penting mengenai perusahaan Anda. Pilihan lainnya     adalah menuliskan pernyataan visi dan misi perusahaan Anda.

2.    Ceritakan sejarah perusahaan Anda

Ceritakan bagaimana perjuangan para pendiri perusahaan di awal berdiri perusahaan Anda. Kemudian, tampilkan pencapaian penting yang berhasil diraih perusahaan dari awal berdiri hingga saat ini.

3.    Jelaskan kegiatan utama perusahaan Anda

Gambarkan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan Anda. Jelaskan nilai dan budaya yang menjadi panduan perusahaan dalam menjalankan kegiatannya.

4.    Tampilkan produk utama perusahaan Anda

Jelaskan apa layanan atau produk utama yang dihasilkan perusahaan Anda dan gambarkan seberapa luas wilayah yang sudah terjangkau.

5.    Tampilkan prestasi perusahaan Anda

Jelaskan pencapaian perusahaan Anda dalam waktu dekat ini dan bagaimana rencana untuk mempertahankan serta meningkatkan pencapaian tersebut di periode berikutnya.

Tampilkan juga penghargaan dan sertifikasi dari lembaga yang berkompeten yang menunjukkan keunggulan perusahaan Anda.

6.    Pamerkan siapa pelanggan utama perusahaan Anda.

Kenalkan siapa saja pelanggan yang menggunakan produk dan layanan perusahaan Anda. Jelaskan bagaimana hubungan kerjasama yang telah berjalan dan ceritakan bahwa pelanggan sangat yakin dan puas dengan kinerja perusahaan Anda.

7.    Tambahkan sentuhan personal dalam profil perusahaan Anda

Ceritakan tentang program sosial dan pemberdayaan masyarakat atau program pelestarian lingkungan yang perusahaan Anda jalankan. Anda juga bisa menampilkan seseorang yang merasakan manfaat dari program tersebut.

Company Profile akan menjadi referensi untuk pelanggan, karyawan, pemasok, investor, media dan stakeholder lainnya. Karena itu, pastikan perusahaan Anda memiliki Company Profile yang menampilkan 7 elemen di atas agar dapat mengkomunikasikan perusahaan Anda secara efektif.

Diolah dari berbagai sumber

3 Responses so far.

  1. Annida Syahidah says:

    Lumayan bagus lah :p

  2. trimakasih atas infonya,,,semoga bermanfaat semuanya,,,,salam sejahtera dan sukses

  3. Rock says:

    Afonso,you nicely exranpoltte”Aad with Turks, do the Georgians also have especial relation with the Turks?”No. I quote a Georgian proverb:”The Turks kill the body, the Persians the soul, the Russians kill both.”It is however interesting that Erdogan (coming from a special Georgian muslim minority) claims in Germany that “integration is a crime against humanity”.haha this guy has nothing to do in Turkey as a “Turk” overintegrated.

Leave a Reply