Sudahkah Anda  menyusun strategi komunikasi korporat perusahaan untuk setahun ke depan?  Sekarang saatnya menyiapkan media atau alat komunikasi yang tepat untuk menjalankan strategi Komunikasi Korporat tersebut.

Ada banyak media dan alat komunikasi yang bisa Anda gunakan untuk program Komunikasi Korporat perusahaan. Apapun alat komunikasi yang Anda gunakan, lakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan tujuannya tercapai.

 

Komunikasi internal
Optimalkan komunikasi internal untuk mengelola aspirasi dan ide dari kalangan internal perusahaan. Komunikasi internal bisa dijalankan dengan beberapa alat komunikasi berikut ini:

1.    Newsletter

Informasikan peristiwa penting yang terjadi di perusahaan kepada semua staf melalui newsletter atau majalah perusahaan. Kirim newsletter ke semua staf di seluruh departemen dan Anda bisa mendapatkan umpan balik yang sangat berharga dari mereka.

2.    Email

Gunakan untuk mengumumkan keputusan manajemen atau informasi penting dari perusahaan dalam waktu yang cepat. Kirim email ke semua staf dan kelola respon dari mereka dengan baik.

3.    Video

Video memiliki efektivitas yang sama dengan komunikasi tatap muka, dan pesan yang lebih persuasif serta berpengaruh. Anda bisa memanfaatkan video untuk training staf dan panduan keselamatan kerja.

4.    Gathering Karyawan

Kumpulkan seluruh staf dan karyawan perusahaan dalam satu acara untuk menjaga kebersamaan sekaligus untuk berkomunikasi dengan mereka secara langsung.

 

Komunikasi eksternal
Jalankan Komunikasi Korporat secara teratur dan konsisten untuk memelihara hubungan dengan para pemangku kepentingan eksternal serta menjaga reputasi organisasi.

Berikut ini adalah alat komunikasi yang bisa Anda gunakan untuk menjalin komunikasi dengan pihak eksternal:

5.    Siaran Pers

Anda bisa meningkatkan pemberitaan media dengan mengaakan siaran pers kepada media yang relevan dengan target audiens. Siaran pers yang dikelola dengan baik akan membantu meningkatkan brand awareness perusahaan.

6.    Company Profile

Company profile bisa ditujukan kepada investor potensial atau pelanggan baru, dan berguna untuk melebarkan sayap bisnis perusahaan serta sebagai program pengenalan untuk calon karyawan.

7.    Laporan Tahunan

Laporan Tahunan adalah media komunikasi formal untuk menginformasikan kinerja operasional tahunan dan hasil keuangan untuk pemangku kepentingan internal maupun eksternal.

8.    Sponsorship

Tingkatkan keterlibatan perusahaan dengan masyarakat melalui kegiatan yang relevan dengan kehidupan mereka. Berikan dukungan untuk kegiatan yang dapat memperluas dan memperdalam hubungan perusahaan dengan target audiens.

9.    Pertemuan dengan Pemangku Kepentingan

Rencanakan pertemuan dengan pemangku kepentingan untuk menjaga hubungan baik dan meningkatkan reputasi perusahaan.

 

Selain 9 alat komunikasi di atas, Anda bisa berkreasi dengan media dan alat komunikasi lain yang tepat untuk menjalankan strategi Komunikasi Korporat perusahaan Anda di tahun 2012.

Selamat berkomunikasi!

 

Diolah dari berbagai sumber.

3 Responses so far.

  1. dedek says:

    Mantap gan , keren….

  2. Cara mudah berKOMUNIKASI yang baik dan Jitu nich. . . layak dicoba nich. . . makasi Gan

  3. Thanks Gan. . . jadi bisa tambah NGERTI nich. . .

Leave a Reply