3 Langkah Membuat Video Company Profile -bag. 2

3. Pasca Produksi/Post-Production

Merupakan tahap akhir atau penyempurnaan dalam memproses hasil shooting untuk diedit/diolah. Pengolahan atau editing yang dilakukan meliputi aspek suara, gambar dan alur cerita sesuai naskah video company profile atau profil perusahaan terkait. Secara terperinci tahap pasca produksi adalah sebagai berikut:

 

Editing offline – voice over – music development (scoring) – audio mixing – online editing

Proses pertama dalam pasca produksi video company profile adalah editing offline. Dalam proses ini hasil gambar di captured/di pindahkan dari media kaset Mini DV/Betacam ke dalam CD lalu diproses melalui komputer. Pada tahap selanjutnya proses seleksi editing offline dilakukan dengan mencari scene dari take gambar yang bagus untuk di urut sesuai naskah video company profile.

 

Proses kedua adalah voice over, memasukan instrumen audio ke dalam video company profileuntuk mengisi keterangan gambar dan sebagai narrator untuk penjelasan-penjelasan pesan yang ingin disampaikan. Dalam voice over terbagi atas dua pengisi MVo atau male voice over diisi dengan audio laki-laki dan FVo atau female voice over yang diisi dengan audio perempuan.

 

Proses ketiga dalam pasca produksi adalah adalah music development/scoring. Scoring adalah instrumen audio pelengkap sebagai musik latar yang menghiasi tampilan video company profile. Scoring dapat diisi dengan full musik (lagu) atau instrumen musik (tanpa suara). Untuk memilih scoring musik pada video company profile diharuskan untuk memperhatikan hak cipta  musik yang dipilih. Karena dalam pembuatan scoring menggunakan full musik harus membayarroyalty kepada pencipta dan penyanyi musik tersebut. Sedangkan untuk scoring instrumen lebih kepada kreasi editor.

 

Proses keempat adalah audio mixing, merupakan proses penggabungan audio langsung dari videocaptured, audio voice over dan audio scoring. Pada tahap ini editor akan memastikan keterangan audio tepat pada scene-scene yang telah dibuat pada naskah video company profile.

 

Proses kelima adalah editing online, merupakan tahap editing terakhir yang melengkapi penyempurnaan dari proses pasca produksi mulai dari proses editing offline, voice over, audioscoring dan audio mixing. Pada tahap ini editor meracik semua komponen yang telah diproses untuk dijadikan video company profile yang utuh. Di proses terakhir ini pula elemen grafis ditambahkan untuk memoles video company profile agar hasil maksimal pesan tersampaikan.

 

Dalam proses produksi sebuah video company profie, persiapan matang merupakan faktor penting dalam produksi. Demikian tahapan-tahapan pada proses produksi, semoga dengan pengetahuan dan proses yang terperinci mengenai pembuatan video company profile dapat membantu dan memperjelas langkah-langkah yang akan dilakukan.

 

One Response so far.

  1. Thaks Bro, artikelnya bermanfaat banget buatku

Leave a Reply