4 Faktor Penting dalam Company Profile

Tujuan utama yang melatarbelakangi sebuah pembuatan company profile adalah untuk mendekati segmen penting dalam perkembangan bisnis. Company profile ini bisa diarahkan kepada investor potensial, pelanggan baru, melebarkan sayap pada bisnis perusahaan serta sebagai upaya pengenalan untuk karyawan.

Membuat company profile merupakan hal yang mudah dan sederhana bagi semua yang sudah terjun melakukan bisnis. Company profile merupakan perpanjangan dari rencana bisnis, perbedaannya hanya apa yang dipresentasikan fakta aktual dan pencapaian perusahaan bukan sekedar gambaran kesuksesan dari perencanaan bisnis yang sedang atau akan dilakukan. Company profile yang akan dibuat harus menarik pihak-pihak lain, dengan maksud kita membuat sebuah profil perusahaan yang memiliki pandangan luas terhadap objektivitas dan kebutuhan informasi yang relevan. Buatlah ekspektasi dan kebutuhan yang mencerminkan semua hal dapat tercapai oleh perusahaan anda. Berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan kenapa kita harus membuat company profile:

1.TUJUAN

Tujuan utama dalam membuat company profile yang baik adalah untuk mendekati pelanggan potensial dengan memasukan kelebihan perusahaan meliputi kapasitas, kualitas, kebutuhan financial, pengalaman dan untuk memperlihatkan kemampuan untuk memulai dan mengembangkan bisnis usaha dalam kepercayaan. Ide yang melatarbelakangi dalam pembuatan company profile adalah untuk meyakinkan pasar potensial dan memberikan informasi yang relevan sebagai upaya penawaran. Company profile dapat meningkatkan perbandingan nilai terhadap kompetitor dengan mempengaruhi secara positif keputusan pelanggan potensial untuk memulai sebuah bisnis. Pandangan pelanggan potensial terhadap perusahaan dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan potensial tersebut.

2. ISI

Isi dalam sebuah company profile atau profil perusahaan anda harus bermaterikan pengenalan, data perusahaan, struktur dan infrastruktur. Hal yang paling penting dalam membuat sebuah company profile adalah memperkenalkan produk, kualitas, perlengkapan, pengalaman, program jangka pendek dan panjang serta referensi perusahaan anda dengan jelas serta professional. Dan sangat professional untuk memperkenalkan company profile dengan menggunakan pernyataan misi-misi perusahaan. Ada beberapa elemen dasar pada isi suatu company profile atau profil perusahaan yang harus dipahami dan dimengerti. Pertama adalah pelajari bahwa company profile dapat digolongkan untuk golongan atau kelompok tertentu, misal company profile untuk jajaran direksi tentu berbeda isi dan design bentuknya dengan company profile untuk menjaring kelompok atau pelanggan baru. Pada dasarnya inti dari isi dasar profil perusahaan seperti visi misi, sejarah dan pencapaian-pencapaian, baik itu dalam waktu dekat atau dalam jangka waktu yang panjang

3. KEMASAN

Company Profile mencerminkan perusahaan anda, hal tersbut sangat penting untuk dipersiapkan secara professional. Hal dalam membuat company profile memerlukan penataan yang baik, tanpa kesalahan ketik, pencetakan menggunakan kertas berkualitas serta lebih kepada warna dan struktur company profile. Dalam mempresentasikan sebuah company profile memerlukan imajinasi dan kreativitas sepenuhnya. halaman dalam pembuatan company profile bisa berupa 12 halaman atau maksimum 15 halaman, perhatikan bila halaman anda terlalu banyak atau sedikit akan mempengaruhi pelanggan potensial dalam membaca dan memahami isi company profile. Ikuti teori AIDA (Attention, Interest, Decision, Action) langkah demi langkah, serta lakukanlah dengan cara yang informatif.

4. MOMENTUM

Kapan mengirimkan sebuah company profile kepada pelanggan potensial, waktu menjadi sangat penting. Jangan mengirimkan company profile beserta brosur untuk pemberitahuan. Dengan company profile anda dapat melakukan pendekatan dengan pasar potensial secara lebih baik, benar dan sopan, dengan kata lain berkontribusi secara positif. Jangan membuat company profile hanya untuk saat-saat tertentu namun buatlah untuk beberapa tahun kedepan. Membuat company profile anda up to date merupakan hal yang baik dalam bisnis, promosi dan mencitrakan profil perusahaan.

10 Responses so far.

  1. Pradesa Emka says:

    artikel yang bagus 🙂 sangat membantu dalam menambah wawasan saya. Terima kasih.

  2. Dimaz says:

    Trima Kasih…. sangat membantu….. 🙂

  3. Istimewa, membaca blog ini seperti mendapat pencerahan sekaligus inspirasi. Bahasanya enak dibaca dan ringan dipahami alias tidak membuat dahi berkerut.

  4. ismu says:

    terima kasih atas sharingnya, bisa menambah kualitas dalam company profil kami

    gaweit

  5. suga says:

    informatif sekali. terima kasih.

    • Emily says:

      This was just an exqiusite post, Suzanne. Perhaps your best ever, for its blazing honesty. Never give up on what you want. Everyone has a different path. That may sound pat and easy coming from someone who is married with children, but I feel strongly that it is true. Thank you for trusting us to read this.

    • dit :Allez, tu peux en compter une plus… abonnée à la lucite solaire !! Et pour moi aussi, rien de vaut les p’tites gelules avant de partir… En tous cas bon voyage, et surtout profite de la chance de voir enfin un peu de soleil !!

    • Here are some ideas that were emailed to me:If you are waiting for something to happen, wait while you are busy.Start with the most I portent things and end with the least important or those without a deadline.Negotiate deadlines.

  6. asqiya says:

    semua keterangan yang ada diisi ini referensi dari buku apa? butuh banget buku mengenai company profile dari mulai definsi sampai dengan isi… pliiss replay my message

    • Maryellen says:

      >> Philip SuI've read his blog post, and he's in for a MASSIVE rude awakening. I don't blame him, after 12 years at Microsoft he do#&nse39;t know anything else, but boy is it going to be a jarring transition.

Leave a Reply