Di Balik Layar Video Company Profile -bag. 1

Proses pembuatan shooting video company profile memiliki alur yang tidak jauh berbeda dalam proses pembuatan film begitu pula dengan pekerja atau personil dalam pembuatannya. Meskipun terlihat tidak begitu penting untuk mengetahui siapa di balik layar namun untuk mengenal proses yang baik dan benar serta kordinasi pembuatan company profile saat proses produksi, kita dituntut mengetahui kepada siapa kita akan berkordinasi. Oleh karena itu gambaran pekerjaan personil pada saat shooting company profile harus kita kenali sebagai berikut:

1. Sutradara (director)

Merupakan orang yang mengarahkan proses pembuatan atau shooting video, merujuk pada naskah yang sudah diolah pada proses pra produksi. Pengarahan sutradara pada shooting meliputi scene-scene yang ada di storyboard dan pengarahan angle kamera, talent, lighting dan setting tempat.

2. Storyboard artist

Merupakan orang yang membuat sketsa/animasi gambar untuk acuan dalam proses shooting video (naskah materi outline). Storyboard artist harus mahir dalam menggerak jarinya dengan pensil untuk menghasilkan visualisasi gambar yang diinginkan. Gerakan, ekspresi dan setting merupakan hal-hal yang perlu diketahui storyboard artist.

3. Scriptwriter

Merupakan orang yang membuat naskah outline dalam segi copywriting atau tulisan (skenario). scriptwriter harus membuat tulisan atas naskah materi outline baik berupa prolog, dialog, epilog ataupun monolog. Keterampilan dalam menulis kata-kata dan memadupadankan setiap kalimat menjadi sebuah kalimat yang dimengerti dan sesuai dengan pesan yang dimaksud merupakan keahlian seorang scriptwriter.

4. Direct of Photography (cameraman)

Merupakan orang yang merekam adegan gambar pada setiap scene shooting, mengarahkan angle kamera dan pencahayaan untuk hasil gambar yang masksimal. Semua adegan yang direkam disesuaikan dengan naskah outline atau storyboard yang ada.

5. Crew (kru)

Merupakan personil pendukung dilapangan yang banyak memberikan andil untuk terciptanya proses shooting video. Kru dalam suatu peliputan atau shooting terbagi atas kru video, kru audio, kru talent kru peralatan dan kru transportasi.

Leave a Reply